Sejarah & Tujuan

Program Studi S1 Jurusan Teknik Mesin menyelenggarakan pendidikan akademik yang mulai dirintis pada tahun 2007 bersamaan dengan dua program studi lainnya dalam lingkup Fakultas Teknik Unhalu (Program studi teknik elektro dan Program studi Teknik Informatika.  Sejak Tahun Akademik 2007/ 2008 resmi berdiri dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor: 1502/D/T/2007. Untuk program studi teknik mesin sendiri telah memperoleh perpanjangan ijin penyelenggaraan program studi dari DIKTI melalui surat nomor : 2852/D/T/K-N/2009 yang berlaku hingga 15 Juli 2013.

Pengelolaan Fakultas Teknik  dilaksanakan oleh Dekan berdasarkan program  kerja tahunan yang disahkan oleh Universitas sebagai penjabaran Rencana Strategis (Renstra) dengan memperhatikan efisiensi, otonomi, transparansi dan akuntanbilitas. Pengelolaan Kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dilakukan sesuai dengan peraturan,  prosedur, kode etik dosen, serta pedoman–pedoman yang ditetapkan  dalam pelaksanaan kegiatan, Ketua Program Studi dibantu oleh Sekretaris Program Studi, dosen dan tenaga penunjang. Kepemimpinan program studi didasarkan atas prinsip transparansi, musyawarah mufakat, kolektifitas, akuntabilitas, efektif dan efisien oleh karena itu mekanisme pengambilan keputusan dilakukan melalui rapat–rapat yang melibatkan berbagai unsur sivitas akademika.

   Input yang baik diharapkan menghasilkan output yang baik dalam rangka mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan. Untuk mendapatkan input yang baik, seleksi calon mahasiswa baru dilakukan melalui 2 (dua) jalur, yaitu (1). Program Penelusuran Minat dan Potensi (PPMP) yaitu dengan cara mengevaluasi dan menilai NEM (Nilai Ebtanas Murni) (2). Ujian masuk FAKULTAS TEKNIK  melalui Ujian  Seleksi  Masuk Perguruan Tinggi Negeri (USMPTN).  Jalur SPMB, calon mahasiswa mendaftar untuk mengikuti ujian tertulis yang meliputi materi pengetahuan umum, bahasa inggris, matematika dan logika. Jumlah mahasiswa baru yang diterima dari tahun ketahun mengalami peningkatan. Pada tahun 2007/2008 jumlah mahasiwa yang diterima sebanyak 42 orang dan pada tahun 2008/2009 meningkat menjadi 57orang. Pada tahun 2007/2008 jumlah pendaftar belum memenuhi daya tampung yang ditargetkan sehingga hampir seluruhnya diterima.

   Selain input yang baik, kualitas program studi juga akan meningkat apabila didukung oleh kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), sarana dan prasarana. Upaya perbaikan dan peningkatan kualitas yang selama ini sudah dilakukan menghasilkan rasio ketersediaan SDM dan sarana prasarana yang memadai. Pengelolaan dosen dan tenaga pendukung dilakukan secara rutin, dan berkesinambungan. Mutu dosen senantiasa ditingkatkan dengan mengikutsertakan dosen dalam berbagai kegiatan seminar/lokakarya, pelatihan internal dan eksternal serta studi lanjut ke S2 dan S-3.  Sedangkan upaya untuk meningkatkan tenaga pendukung diantaranya dengan mengirimkan tenaga pendukung mengikuti pelatihan diluar kampus seperti pelatihan kewirausahaan, pelatihan administrasi, pelatihan pengisian EPSBED dan SIAKAD, pelatihan Bahasa Inggris,pelatihan penulisan jurnal ilmiah.

Sumber daya utama yang dimiliki program studi adalah dosen tetap yang selalu berada dikampus dan memiliki ruang kerja sendiri. Hal ini memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk melakukan diskusi, bimbingan akademik, dan bimbingan skripsi, untuk memantau dan memicu prestasi  belajar mahasiswa agar dapat lulus tepat waktu.  Bimbingan akademik dilakukan minimal 4 kali dalam 1 semester. Namun fasilitas konseling belum disediakan untuk menangani mahasiswa khusus yang mengalami masalah khusus baik masalah akademik maupun non akademik.

Selama 4,5 tahun berdiri, Program Studi S1 Jurusan Teknik Mesin UNHALU telah mengalami beberapa program pengembangan yang sangat mempengaruhi kualitas penyelenggaraan pendidikan yang dikelolanya. Pada pertengahan tahun 2005, UNHALU menerima bantuan dari Islamic  Development Bank (ADB). Bantuan IDB memberi kesempatan pada UNHALU  mengirimkan staf pengajar untuk menempuh program pendidikan S2. Selain itu, bantuan IDB mengijinkan UNHALU untuk mengembangkan dan memperbaiki fasilitas fisik, seperti ruang kelas, laboratorium, perpustakaan dan lain-lain. Selama proyek IDB, Program Studi S1 Jurusan Teknik Mesin berhasil memanfaatkan bantuan dana itu untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas staf akademik, mengembangkan dan memperbaiki fasilitas laboratorium dan perpustakaan serta memperbaiki kurikulum dengan menggunakan referensi kurikulum pada perguruan tinggi teknik di Indonesia. Dengan proyek pengembangan ini kualitas dan kuantitas lulusan diharapkan meningkat secara signifikan.

 

Tujuan :
Tujuan strategis 2015-2019 dirumuskan berdasarkan hirarki dalam tridharma dan sistem tata kelola yang diperlukan dalam rangka internasionalisasi institusi. Tujuan strategis 2015-2019 adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dan berbasis IT.
  2. Mengembangkan penelitian unggulan di bidang teknik mesin yang berbasis kepulauan yang berorientasi pada publikasi nasional dan internasional.
  3. Mewujudkan hasil-hasil penelitian dan produk lainnya bagi kesejahteraan institusi, masyarakat dan kemajuan IPTEKS.
  4. Meningkatkan  sistem tata kelola program studi yang transparan, akuntabel dan kredibel sehingga mampu memberikan layanan prima akademik bermutu tinggi
  5. Mengembangkan potensi mahasiswa dalam penalaran  dan kreatifitas dalam kewirausahaan yang mendukung kecerdasan komprehensif untuk membangun atsmosfer akademik.
  6. Menciptakan kampus yang bersih, indah, sejuk, aman, jujur, adil, gotong royong, adaptif, disiplin, kreatif, inovatif, toleran, dan amanah untuk mendukung penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi.